Christmas in Karlskrona

Christmas in Karlskrona

Selamat Hari Natal!

God Jul!

Merry Christmas!

1483597_10151815653374117_1719585916_o

Natalanku gimana? Ish biasa aja, lah kan ga ngerayain! ๐Ÿ˜† Mana di rumah sepiiiiiiii cyiiiiin.. Si dedek bule udah pulang dari hari minggu kemarin. Tinggal deh daku sendirian, daaaaaaannn bisa bebas lepas treak-treak karaoke di kamar. Yang paling enak lagi, bisa kentut sembarangan dan ga perlu ditahan-tahan kalo suaranya membahana. #ehIniTerlaluJujur ๐Ÿ˜†

Anyway, beberapa hari sebelum Natal, diajak temen buat natalan di tempat mertuanya dia yang asli Swedia. Asiik, gue seneng banget dong, pengen tau orang Swedia natalannya kayak gimana dan yang penting bisa ikutan makan-makan gratiiis dooong pastinyaaaa. Sayangnya pas pagi tanggal 24 kemarin ternyata ga jadi diundang karena acaranya ibuk mertua dipindah-tempatkan ke tempat lain. Duh, kecewa deh daku ga jadi makan-makan gratis.. *mahasiswa banget sik* ๐Ÿ˜†

Ditengah kegalauan daku yang bingung karena harus masak makan malam sendiri *lebay* eh dicolek sama Mari dan Ayaka di fesbuk, diajak makan malam di tempat temen mereka, temen-temen dari Cina. Ga babibu lagi, langsung gue iyain aja deh. Daripada daku menderita kesepian lagi malem ini. *kesian amat sih gue* Daan sapa sih yang bisa nolak makan-makan gratiiiiiss!!! ๐Ÿ˜†

Sebenernya pas mo berangkat, gue agak ragu gitu, jadi ikut apa nggak, soalnya ya tau lah, takutnya hidangannya semua babi, lah pan gue ga makan babi cyiiiiin. Bagaimanapun, tetep aja gue jabanin deh, ntar kalo babi semua, ya gue ikutan minum-minumnya aja. #loh

Pas dateng, masih agak malu-malu juga sih mo nanya. Sampe akhirnya ketika makanan semua sudah disajikan, baru deh gue nanya: “Are these all pork?”

Baru deh Mari dan Ayaka juga nyadar, eh iya si Aftri muslim makjeng, ga makan babi ๐Ÿ™„

Dan sajian malam itu adalaaaaaaaah, pasta dengan tomato sauce yang tentunya pake daging babi serta special Christmas Ham yang tentunya babi juga, daaaaaaaaaan Kalkun panggang! Yaaaaay!! Ada yang bisa gue makaaan! Bahagianya tak terkiraaa sodara-sodariii!! ๐Ÿ˜† Dan temen-temen dari Cina ini pengertian banget, malah bikinin gue saus tomat lagi buat pastanya, yang pakai jamur, jadi daku ga perlu makan babi. Iiih baik hatiii deeeh!! *terharu*

Jadi deh kemarin malam, dihabisin makan malam dan maen uno di tempat temennya Mari dan Ayaka, yang sumpah gue kok ga inget namanya ya. Huhuhuuu.. Tamu yang kurang ajar banget ga siiiyyy!! *dikeplak*

Trus trus, natalan di Swedia itu gimana sih?

Lah ga terlalu tau lah ya, secara malam natalnya dihabisin sama temen-temen dari Jepang dan Cina, yang notabene pada merantau juga. Jadi gak ada itu hiasan-hiasan natal dan pohon natal yang kayak dipasang hampir di setiap jendela rumah/apartemen di seantero Karlskrona. ๐Ÿ˜† Tapi kalo baca dari thelocal.seย ini, Setidaknya gue merasakan minum Glรถgg dan Julmust yang memang keluarnya spesial ketika Natal aja atau tepatnya musim dingin (lebih murah kalau pas Natal, kalo musim lain sih ada jual, tapi katanya lebih mahal). Glรถgg itu minuman hangat semacam sekoteng gitu lah, jadi ada jahe dan kayu manisnya, dan rasanya maniisss banget, gue jadi makin manis deh abis minum itu *huek*. Dan Julmust itu semacam coke yang ada rasa jahe dan (tentunya) kayu manis.

(kiri) Enjoying Glรถgg. (kanan) Hiasan Natal di Perpustakaan
(kiri) Enjoying Glรถgg. (kanan) Hiasan Natal di Perpustakaan

Gue sendiri kan sebenernya ga ngerayain natal, jadi ya gatau juga harusnya kalo natalan itu begimana. Jadi ya ikut seneng2nya aja makan malam dan ngumpul sama temen-temen ๐Ÿ˜‰

Urusan belanja kado natal sendiri juga baru taun ini ngerasain. Hari senin kemarin sempet nemenin temen belanja kado-kado natal buat keluarganya. Yang pulang-pulang belanja, kami udah keliatan kayak Santa gitu, karena ngangkut-ngangkut banyak banget kantong plastik isi pakaian, peralatan rumah tangga dan tentunya mainan, mainan dan mainaaaan buat anak-anak! Nemenin orang belanja itu menyenangkan yaaa ๐Ÿ˜†

Alhamdulillahirobbil’alamiin gue ga tergoda ikutan belanja. Masih inget buat jaga duit, jangan sampe bokek, lulus kuliah masih lama! Hahahahaha. Dan baru kali ini tinggal di Karlskrona, gue ngerasa kalo di kampung kota ini ternyata banyak orang ya. Hiahahaha.. Rameeee bangeeet, pada keluar belanja buat natalan. Antrian kasir kayak ga habis-habis hampir di semua toko yang gue samperin. Dan saking semangatnya ikutan belanja, gue lupa aja gitu mo poto-poto suasana kotanya dan orang-orang yang lagi rame belanja. Uhuhuuuhuu.. Dasar photographer jadi-jadian, melewatkan momen istimewa begitu saja ๐Ÿ˜ฅ

*lap air mata*

Kalo di Swedia sini, natalnya dirayakan tanggal 24-nya. Buka kado tanggal 24 pagi, dan makan-makan natalnya diadakan di siang atau malamnya, dengan keluarga. Tanggal 25-nya sendiri malah (katanya) gak ada apa-apa. Gue ga ngerti juga kalo tentang misa-misa gitu di Gereja. Keknya selama tinggal di sini, belum nemu temen yang bener-bener menjalankan kegiatan agama dengan baik dan benar (termasuk gue ๐Ÿ™„ ) Si dedek bule sendiri bisa dikatain Atheis, katanya dia lebih ke philosopher daripada believer. ๐Ÿ˜›

Dan satu lagi, kalo di Swedia, tanggal 13 Desember-nya, dirayakan hari St. Lucia. Tentang Lucia di Swedia sendiri, kalian bisa baca di sini. Karena gue ga tau dengan mendalam siapa dia, jadi gue ga mau ceritain di sini. ๐Ÿ˜€ Cuma gue juga baru tau aja, kalo persaingan buat jadi Lucia itu ternyata ketat di Swedia sini! Dari temen juga gue tau kalo St. Lucia’s Day di Swedia memang dirayakan dengan lebih spesial, ga kayak di negara-negara lainnya di eropa (info dari temen orang Jerman). Di kampus sendiri ada acara khusus buat ini, tapi gue ga dateng. Cuma gue nyadar aja, dimana-mana dipasang lilin-lilin gitu, yang dengan bodohnya juga gua lewatkan momen itu buat dipoto-poto. *jedot2in kepala ke tembok*

Hmm.. apalagi yaa..

Oiyaa!! Sampe hari ini tanggal 25 Desember 2013, belum ada saljuu lagiiii turuuun di Karlskronaaa!! Uhuhuuuhuuu ๐Ÿ˜ฅ ini Swedia apa bukan siiiik?? Pan gue pengen liat ngerasain white Christmas gituuuu! Sempet saljuan dulu pas awal desember, yang gue drama banget pake kepeleset di depan dedek bule itu. Setelah itu adanya hari-hari berkabut tebal ย dan hujan yang bikin pengen kruntelan aja di dalem selimut. Dan juga adanya badai yang bikin suhu 6-8 derajat berasa super dingin.ย Menanti salju niiih, biar bisa main pulka (seluncuran) di halaman belakang rumah temen yang ada bukit kecilnya dikit. *padahal itu pulka punya anaknya yang umur 7 taun* ๐Ÿ˜†

(kiri) first day of snow, clear sky after the storm. (kanan) foggy day in Karlskrona.
(kiri) first day of snow, clear sky after the storm. (kanan) foggy day in Karlskrona.

Sekali lagi, Selamat Natal ya buat temen-temen yang merayakan!

Advertisements

7 thoughts on “Christmas in Karlskrona

  1. Kalo org Swedia sih (setauku) natalannya skip ke gereja deh, hehehe, julafton kumpul keluarga buka kado makan2 trus pulang… Tapi mereka blg kali ini gak seru gak ada saljunya, pdhl taun lalu stgh meter sendiri loh tri

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s