Kepo

Kepo

Orang Indonesia itu memang ramah ya. Saking ramahnya, seringnya malah jadi kepo, yang ujung-ujungnya bikin ganggu kenyamanan 😛

Sejak di Jakarta, karena sering ngojek/neksi, jadi ya kadang suka agak basa-basi dikit. Nanya supirnya, “Tinggal di mana, Pak/Bu/Mas/Mbak/Dek?” Biar sekedar tahu aja sih, sapa tau tinggal-nya jauh dari tempat tujuan gue, jadi minta maaf duluan, biar dese sabar gitu jalan-jalan ke ujung berung.

Kalo naik motor, biasa-nya pembicaraan cukup berhenti disitu aja. Paling dikit-dikit selama di jalan, ngasih tau arah (padahal gue juga biasanya ga tau jalan).

Kalo naik mobil, gue malah bersyukur kalo dapat supir yang diem aja. Putar lagu aja (asal jangan dangdut), dan diam, biar konsentrasi nyetir aja deh supirnya. Yang nyebelin, kalo dapat supir yang lalu ngajak ngomong terus. Pernah sekali dapat yang ujung-ujungnya jualan asuransi. Biasanya kalo udah gini, gue terus nelpon nyokap, jadi bisa ngobrol sepanjang jalan. Tapi ya karena perjalanan jauh, gue juga ga ngobrol sampe sejam-duajam gitu sih di telepon. Begitu telepon ditutup, supir-supir ini terus deh mulai ngajak ngobrol dan nanya-nanya lagi.

Seperti tadi barusan yang dapat supir kepo banget. Gue nelpon nyokap, tapi sayangnya ga bisa lama. Jadi abis nelpon, di-kepo-in lagi deh. Nanyanya macem-macem. Mulai dari orang asli mana, sampe umur berapa. 😐

“Orang asli mana, mbak?” — “Pontianak.” — “Di sana banyak Cina ya mbak? Mbak jangan-jangan keturunan Cina ya?” — “Gak.” — Obrolan ini sudah tidak nyaman, tambah jadi tidak nyaman sama sekali.

“Single ya mbak? Enak ya, masih bisa jalan-jalan ke mana-mana.” — “Iya, emang, Pak. Enak banget hidup saya.”

“Saya denger-denger tadi, mau kerja jauh-jauh itu, mbak, keluar negeri ya?” — Nyambung aja ini orang nanggepin obrolan gue sama nyokap. “Iya, saya ga mau kerja di sini.” — “Kenapa, mbak?” — “Saya ga suka di sini.” — “Why?” — “Ya, ga suka aja.”

“Emang pernya ke luar negeri, mbak?” — “Pernah. Kemarin kuliah di Swedia 2 tahun.” — “Oh, gitu. Pantesan mbak. Orang Indonesia lulusan luar negeri mah ga dihargai di sini. Orang Cina aja yang dipekerjakan di sini, padahal ga jelas kualifikasinya, gajinya mahal banget, mbak. Padahal buruh doang juga.” — Lagi-lagi ini Bapak, ngomongin orang Cina 😐

“Bapaknya masih kerja, mbak?” — “Gak, udah lama meninggal.” — “Oh… Dulu kerja di mana, mbak? Pengusaha sawit ya?” — “Gak, swasta.” — “Tambang ya, mbak?” — “Gak, kontraktor aja.” — “Perusahaan sawit di sana banyak ya mbak?” — “Iya. Banyak masalah kebakaran hutan juga.” — “Iya itu mah, orang-orang kapitalis, mbak. Yang mau menguasai lahan Indonesia. Sama dengan minyak di Balikpapan juga, mbak. Itu orang Asing itu maunya gitu, mbak. Nguasain negara kita.” — “Mau orang asing atau bukan orang asing, kalo rakus, ya rakus aja, Pak. Gak ada bedanya.”

“Jadi mbak sekarang kerja apa, mbak?” — “Freelance. Mau ke luar negeri. Saya cari kerja di sini ga dapat-dapat.” — “Mbak-nya kurang usaha kali, mbak. Satu lagi nih, mbak. Mbak orang muslim bukan?” — “He eh.” — “Kalo orang muslim itu mbak, harus banyak doa, mbak. Kalo gak doa ntar gak dapat-dapat, mau mbak ke mana-mana juga. Kalo orang muslim, pasti dibantu sama yang di atas, mbak.”

Trus kalo ga muslim? Tuhannya ga mau bantu dia gitu? Trus kalo ga muslim, ga berhak dapat kerja gitu?

Trus pas ditanya keturunan Cina atau bukan, gue jawab aja “Gak”, padahal aslinya iya gue emang keturunan Cina. Abis malah jadi horror. Ntar kalo ngaku Cina, diapa2in di jalan kan berabe. Jadi kasian sama orang keturunan Cina yang tinggal di negara ini. Udah lah ga bisa milih lahir jadi keturunan Cina, tetep aja ada yang musuhin cuma karena Cina.

Gue bete.

Gue benci kalo ketemu orang-orang macam ini. Racist people.

Padahal ga boleh menjadi benci dan menyebarkan kebencian ya.

Tapi gue ga bisa ga sebel.

Sebel juga jadi sering berprasangka buruk sama orang, karena takut diapa-apain.

Cewe, sendirian, ga jago karate lagi gue. Cari aman aja.

Makanya malas tinggal di Indonesia.

2 thoughts on “Kepo

What do you think?

