Sweden 7th & 8th Month Round-Up

Sweden 7th & 8th Month Round-Up

Aaaah sudah bulan Mei sajaaaaa!

Dan gue kok makin jarang nulis blog.. Huhuhuuu! Alasan klasik: (sok) sibuk! πŸ˜†

Jadilah rangkuman bulan ke-tujuh dan ke-delapan ini dijadiin satu aja deh. Sebenernya gue sendiri sampe lupa ada apa aja 2 bulan belakangan ini. Hahaha! Jadi gue tulis yang seinget gue aja deh dan ga berurutan lah tentunya πŸ˜›

  • Gue ditawarin buat masukin makalah ke suatu jurnal komputer gitu lah. Gara-garanya topik yang gue kerjain buat tugas Metodologi Penelitian gue nyambung sama “Call for Paper”-nya itu jurnal lah. Abstrak udah dikirim, katanya mo dikasih info diterima atau nggak tanggal 1 Mei, tapi sampe sekarang belum ada kabar. πŸ˜› Tapi sejujurnya, ga tau ini sanggup Β ngerjain ini makalah apa nggak, karena ternyata mata kuliah yang gue (diharuskan) ngambil semester ini kok makin bikin mampus aja. πŸ˜₯
  • Lagi ada dementor tinggal sama gue, tiap hari bikin bete ga jelas abis terganggu mulu. πŸ˜†
  • Lagi disibukin buat bikin Visa Jerman. Karena ijin tinggal gue di Swedia cuma sampe tanggal 30 Juni 2014 ini saja. Jadi mulai bulan Juli gue udah harus punya visa dari Jerman. Opsi lainnya ya perpanjang ijin tinggal di Swedia dan buat ijin tinggal di Jerman kalau udah di Jerman.Β Udah sempet ke Stockholm lagi cuma buat legalisir dokumen ke kedutaan Jerman buat buka akun bank di Jerman. Dan mungkin minggu depan ini gue ke Stockholm lagi buat nganterin dokumen2 yang diperlukan buat aplikasi Visanya. Ribet banget ya bok. Mana gue ini tinggal jauh dari ibukota, yang perjalanan naik kereta makan waktu 5-6 jam dan sekalinya bolak balik bisa habis 800-1000 Kronor. Hiks. *ngais-ngais tabungan*

Karena sudah masuk musim semi, walau masih dingin, cuaca sudah mulai sering cerah ceria. Minggu lalu gue sempet piknik doooooong! Enaknya tinggal di kampung di pinggir laut ini, kalo mo piknik, ngesot aja jalan 15 menit dari apartemen udah nemu tempat piknik kayak gambar di bawah ini. Enak yaaaa.. Dan tentunya, yang penasaran sama dedek bule, finally, tuh ada fotonya. Ayo ditebak yang manaaaa.. πŸ˜†

DSCN4861
Salah satu tempat buat piknik di deket apartemen
DSCN4868
Ayo yang mana dedek bulenya? πŸ˜›

Itu aja deh yang penting-penting yang gue inget. Lainnya seperti mahasiswa biasanya, kerjaan gue ada belajar dan belajar dan nonton pilem dan males2an di kamar. πŸ˜†

Karena tulisannya cuma dikit, gue pasang foto-foto aja yaaaaa!

Bed of flowers! Hutan belakang sekolah di musim semi.
Bed of flowers! Hutan belakang sekolah di musim semi.
Waktu jalan-jalan ke Kalmar, tentunya mampir ke IKEA!
Waktu jalan-jalan ke Kalmar, tentunya mampir ke IKEA!
salah satu puncak bukit di hutan belakang sekolah. tiap lari di situ, mesti ngelewatin ini nih!
salah satu puncak bukit di hutan belakang sekolah. tiap lari di situ, mesti ngelewatin ini nih!
The Swan adores me!
The Swan adores me!
We can go swimming here in the summer!
We can go swimming here in the summer!
Sweden Month Six – Roundup

Sweden Month Six – Roundup

Duuuh, udah enam bulan aja ini ya di Swedia.

Seperti biasa, mari di daftar kegiatan gue di bulan Februari ini ya.

  • Kelahiran keponakan pertama gue tanggal 1 Februari 2014, Fanaro Billy Siregar.
  • Di minggu kedua, bikin Ayam kremes dengan Lisiana dan Anwari (temen-temen dari Indonesia). Plus tahu dan tempe goreng. Plus sambal terasi ABC! Acara valentinan berempat di flat gue (sama dedek bule juga) gaya Indonesia. πŸ˜†
  • Minggu kedua hari Sabtu, ikutan Movie Night bareng temen-temen dari Jepang, Polandia, Swedia dan Yunani. Pake acara nunggu yang bawa hardisk isi film dulu, yang telat dateng setengah jam. Udah orangnya dateng, trus baru nyadar, gak ada yang bawa laptop aja gitu. Ahahaha! Jadi deh Mari (temen dari Jepang) jadi tumbal balik dulu ke apartemen ngambil laptop. 30 menit setelah laptop dateng, dihabiskan buat milih film. Film udah mau mulai, temen dari Yunani pengen cemilan, jadi pergi dulu ke toko terdekat. Selesai satu film, ga puas juga, mau nonton film lainnya, yang milihnya doang butuh waktu hampir 1 jam. Duh ngaco dah! Mulai film kedua, temen dari Yunani keluar ruangan dulu, katanya mo bikinin popcorn. Ga berapa lama, balik lagi, tanpa popcorn. Karena ternyata yang dibeli doi adalah, bumbu buat perasa popcorn! AHAHAHA! Sumpah kocak! :lol;
  • Di minggu ketiga, acara sosial gue lumayan banyak: Hari kamis gue ngerayain ulang tahunnya Vera (temen dari Hungaria) dan gue kasih hadiah kue double chocolate, yang sekarang jadi favorit temen-temen di sini. Hihihi.
  • Hari jumatnya, masak-masak lagi dengan Lisiana dan Anwari. Kali ini bikin bakso dari 3 kg daging, yang akhirnya masing-masing bisa bawa pulang bakso sekantong gede. Dan sampe hari ini gue masih ada aja itu stok bakso ga habis-habis. TOP!
  • Hari sabtunya, masak-masak lagi di rumah temen Indonesia juga di VΓ€sternΓ€s. Kali ini bikin empek-empek. Kebetulan suami si mbak ini kemarinnya habis mancing dan dapat banyak ikan salmon. Jadi lah malemnya kami makan gulai ikan salmon. Alamaaaak, nikmatnyaaaah!
  • Sabtu malem abis pulang makan-makan, karaokean aja gitu berdua sama Mari (temen dari Jepang). Hihihi. Setelah menghabiskan masing-masing satu gelas wine dan sesi curhat-curhatan, acara hari itu pun selesai karena tau-tau dedek bule pulang jam 12 malem (biasanya jam 3 pagi). Kan ga mungkin dilanjutin treak2 nyanyi2. Dan gue juga harus istirahat, karenaaaaa….. (liat bawah)
  • Hari minggunya, gue jalan-jalan ke Kalmar, buat mampir ke IKEA! Ga beli apa-apa sih, tapi pokoknya udah afdol aja lah. Mosok di Swedia malah ga ke IKEA, kan aneh.. πŸ™„ Berangkat jam 8.40 pagi dari Karlskrona, nyampe Kalmar jam 11 siang. Muter-muter kota 2 jam. Ke IKEA 2 jam. Ke Mall sebelah IKEA 1 jam. Fika 1 jam. Berangkat pulang dari Kalmar jam 7 malem, nyampe Karlskrona jam 9 malem. <<GOONGGG!>>
  • Kamis malam kemarin, gue nyoba bikin steak dan beef yakiniku dengan Lisiana, yang berakhir dua-duanya gagal. Alias dagingnya terlalu masak, beef yakiniku jadi kenyal gitu dagingnya, sementara steak gue jadi kayak empal daging. πŸ˜†
  • Rencana malam ini diajak makan di luar sama temen Indonesia yang lain.

Ternyata sibuk juga ya gue.. πŸ˜†

Behind the stories dari kesibukan gue ngumpul-ngumpul ini, tugas kuliah makin menggila dan gue mulai panik, mulai mempertanyakan ke diri sendiri apa ini keputusan yang tepat buat gue. Mulai gila juga ini gue kayaknya. Entah kenapa lama-lama kok merasa makin bego ya. Mana sepertinya gue selalu nyangkut di antara temen-temen yang sama begonya. Sementara mo nempel di temen yang pinter-pinter kok keknya mereka ga mau karena pas ngajarin gue ya kok ga ngerti-ngerti, dan gue juga lama-lama ga enak, lah ya kok gue ga ngerti-ngerti malah jadi gangguin mereka ini namanya.

Ujung-ujungnya ini ada satu grup, yang akhirnya ada anggota yang ditch (ninggalin kami) karena gak tahan sama kami yang bego-bego ini. Padahal gue termasuk yang ngandelin dia buat bantuin gue belajar, secara dia lebih berpengalaman di bidang kuliah yang satu ini. Dua temen lainnya memang model yang gak ada usaha sama sekali sih. Dan gue sekarang stuck sama mereka, kalo gue mau ditch juga, gue juga bingung mau masuk kelompok mana, secara gue juga dodol. Gue aja ga mau satu kelompok sama yang dodol-dodol, apa iya ada kelompok yang mau nerima gue yang dodol juga ini. Bleh! Tadi pagi curhatin gini ke dedek bule sampe hampir nangis. Malemnya udah nangis-nangis sih, jadi masih bisa nahan-nahan lah. Tapi ini jadi sedih lagi. Dan masih belum nemu solusinya. πŸ˜₯

Sama temen-temen deket di Indonesia juga sepertinya mulai hilang kontak. Gue di sini galau, dan mereka tentunya sibuk dengan urusan masing-masing. Kalau gue ganggu, urusan gue tentunya ga penting lah dibanding urusan mereka. Lagian yang gue curhatin juga itu mulu, pasti ngebetein lah ya. Dan mereka juga bete sama gue, secara kalo mereka curhat, komen gue entah kenapa selalu galak dan marah-marah doang. Abis gue gak ada target marah-marah sih di sini ya πŸ˜† Jadi maapkan daku temen-temenku.

Sama keluarga di Indonesia, gue rada dicuekin karena sekarang di rumah ada bayi Aro. Trus kemarin ngerengek di Line, di grup yang isinya nyokap dan adek-adek, bilang:

Ish, si Oma udah ada cucu, trus anaknya yang kuliah di luar negeri dilupain.

Dan si Oma (alias nyokap) pun membalas:

Ibu gak akan lupa sama semua anak-anak Ibu. Cuma akhir-akhir ini Ibu sering sedih karena kangen Bapak.

Duh! Jadi merasa super bersalah deh ngomong kayak gitu tadi. πŸ˜₯

How can I make everybody happy and me also happy?

Lengkap lah kegalauan gue di bulan ini. Tinggal dikasih turun salju aja kali nih, mungkin bisa bunuh diri. *ga deng, lebay*

Meskipun begitu, Karlskrona mulai bermatahari terus beberapa hari belakangan. Spring is coming anyhow…

Sweden Month Five – Roundup

Sweden Month Five – Roundup

Ish gue lagi sibuk banget deh! Pulang-pulang dari liburan kemarin, yang ternyata bikin gue harus bolos kuliah 4 hari dan disambut dengan tugas kuliah yang langsung numpuk, jadi ga sempet nulis lagi, dan udah 5 hari aja gitu bulan Februari ini dilewati dan gue belum bikin rangkuman bulan kelima hidup di Swedia! Aaaaaak! *panik*

Lebay sih! πŸ˜†

Masalahnya gue orangnya suka lupaan, jadi kalo ga ditulis secepatnya, mikirnya bakal kelamaan trus jadi males lanjutin nulis πŸ˜†

Jadi ini rekap hidup gue selama akhir desember 2013 hingga awal februari 2014 ini ya:

  • Tanggal 31 Desember 2013 sore, pertama kalinya barbeque-an di hutan, di pinggir laut, dan salah kostum. Jadi walopun barbeque-an, dan nongkrongnya di samping bara api, tetep aja kaki mulai beku dan mati rasa.
Barbeque di hutan! (Photo by Prabu)
Barbeque di hutan! (Photo by Prabu)
  • Ngerayain tahun baru dengan nonton 15-menit-kembang-api di pinggir laut. Karlskrona is a Naval City. Jadi apa-apa dipinggir laut aja! Hihihi.
  • Abis nontonin kembang api, pertama kalinya masuk Pub yang mehol abis, kalo ga ditraktir ya gue ga masuk, secara masuknya aja bayar 120 Kronor, belum termasuk minum! Isinya dedek-dedek bule yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng yang bikin daku merasa salah kostum (karena dibilang kayak umur 15 taun sama temen gue) πŸ˜†
  • Pertama kalinya nyoba main Ice-Skate di Telenor Arena, Indoor. Sepatu dan helm pinjem gratis dari kampus. Asik ya kampus gue. Tapi cuma berhasil muterin arena sekali, karena bener-bener ga pernah maen ice-skate sebelumnya. Bahkan waktu kecil gue takut banget belajar rollerblade (jadi ga bisa).
Belajar ice-skate (photo by Prabu)
Belajar ice-skate (photo by Prabu)
  • Setelah berhari-hari yang berasa abu-abu dan menyedihkan, akhirnya salju turuuuuun! Tepat 2 hari sebelum gue berangkat ke Kiruna, Swedia Utara. Persiapan lah yaa, buat menghadapi kerasnya dunia utara. Tulisannya baru gue bikin 3 seri, dan belum dilanjutin. *sungkem ke pembaca*
  • Ke KIRUNA, selama 3 hari 2 malam, demi Northern Lights!
Another dream has came true! (photo by Anwari)
Another dream has came true! (photo by Anwari)
  • Sempet main 24 jam di Stockholm dan ketemu 2 hari berturut-turut sama Mba Fascha! Dan gue dikasih lumpia dan oleh-oleh BBW! Ish Senang deeeeh! Makasiii ya mba Chaaa! Jangan kapok nemenin aku yaaa!
  • Main ice-skate di taman terbuka di Stockholm! Akhirnya udah mulei bisa jalan di atas es!
  • Balik dari Kiruna, berasa bakal cetek banget lah dengan suhu Karlskrona yang di atas minus 6 terus. Tapi tetep aja kedinginan, secara dikasih badai salju seminggu. Saljuuuu tebal di mana-mana! Yang orang Swedia atau mungkin bule-bule yang udah biasa ama salju, udah jalan dengan gaya kaku dan cepet-cepet biar cepet nyampe, sementara gue jalannya kayaknya loncat-loncat dan pelan-pelan dan dikit-dikit dongak ke atas ngeliatin salju turun.
Horeee Saljuuuu!! Lagiii! Lagiiii!
Horeee Saljuuuu!! Lagiii! Lagiiii!
  • Farewell Β dengen temen Indonesia yang pertukaran pelajar di sini, dan mau balik ke Turki. Yang pertama Fika di Wayne’s Cafe dengan temen-temen Indonesia yang lain. Yang kedua diundang makan siang di apartemennya (yang tujuan sebenernya ngabisin stok makanan). Itu semua bahan dicampur jadi satu, keliatan aneh, tapi ternyata enak. πŸ˜† Dan gue yang sebenernya ga minat balik ke apartemen buat makan siang, karena pengen nikmati salju turun dari dalam perpustakaan, terpaksa jalan kaki ke apartemen dia yang ga jauh-jauh amat sih, tapi gue lupa yang mana. Ahahaha! Parah! Jadilah daku melalui taman yang isinya salju sebetis semua, dan mulai nyasar. Tapi demi makanan gratis, apapun akan kulalui! *mureee*
  • Jalan-jalan ke Marinmuseum, nememin temen yang bakal balik ke Turki tadi, di tengah-tengah hujan salju. Dan lagi-lagi nyasar! πŸ˜†
  • Main seluncuran salju ama anak-anak Pertukaran Pelajar Erasmus, jam 9 malem, dingin-dingin gitu tuh! Tapi serruuuuuu!! πŸ˜†
Wihiiiiiii!!! (photo by Oliver)
Wihiiiiiii!!! (photo by Oliver)
  • Minggu depannya kedatangan temen dari VΓ€xjΓΆ, 2 orang, nginep di apartemen, yang bikin hidup gue jadi penuh semangat. Satu orang Indonesia (yang jalan bareng ke Kiruna), satu orang Cina, dan dua-duanya gila. Ahahaha..
  • Ngundang temen-temen dari Jepang, Hungaria dan Spanyol, buat makan siang ketoprak. Dan ngajarin mereka cara bikin saus kacang gue yang jadi favorit itu di kalangan mahasiswa sini *lebay*Β Abis makan siang, trus gue kasih persembahan double chocolate cake yang bikin gue dipuji-puji dan melayang-layang. *super lebay*
  • Pertama kalinya main lempar salju dan bikin Olaf, the snowman! πŸ˜†
Hi, I'm Olaf, and I like warm hugs! (photo by Nina)
Hi, I’m Olaf, and I like warm hugs! (photo by Nina)
  • Dan lagi-lagi ke Marinmuseum nemenin wanita-wanita dari VΓ€xjΓΆ, di kondisi cuaca yang lagi berkabut berat! Dan salju-salju sudah mulai mencair, jalanan bechyeeek aja doong, gak ada cantik2nya! *atu tedih*
  • Diajak temen-temen dari Jepang, merayakan Setsubun! Ini nanti harus jadi postingan tersendiri! πŸ˜†

Duh banyak ya pe-er gue buat dijadiin postingan. Tapi sementara ini gue kembali ke Systematic Literature Review dulu yang harus gue kumpulin hari jumat nanti yaaa.

Hej DΓ₯! (bye bye!) (dadah!)

A month in Sweden – Roundup

A month in Sweden – Roundup

Halo halo semua..

Ndak terasa ya ternyata gue udah sebulan aja luntang-lantung di negeri orang ini. Sebenernya banyak kalik judul-judul blogpost yang udah gue draft… Iya… Judulnya doang πŸ˜† tapi nulisnya kok males.. Hari-hari gue sejak mulai kuliah, rasanya malah males gitu mo ngapa-ngapain, belajar aja males, akhirnya gue malah keteteran ngejar-ngejar ngumpulin tugas dan jelaaaaas tugas yang gue kumpulin asli asal-asalan.. JANGAN DICONTOH, saudara-saudari sekalian.

Well, untuk catch-up, dan mungkin sedikit gambaran buat blogpost di masa yang akan datang, sebulan ini gue ngapain aja sih?

  1. Adaptasi sama apartemen baru dong tentunya. Ndak susah, karena nyaman, dan view dari jendela kamar ngadep ke laut. Dan yang paling penting, flatmate gue, orang Swedia, cowok, lucu dan ganteng.. Eaaaakkk..
  2. Udah tau kampus gue di mana. *krik.. krik.. krik..*
  3. Tiap hari memasak sendiri, karena kalo makan di luar, mahalnya minta ampun. So far gue beli makan di luar itu cuma ke Subway (49 Kronor buat 6 inch sandwich) dan McD (ngabisin 30 Kronor buat burger dan cola). No problem at cooking at all, karena di apartemen tersedia dapur impian lengkap dengan oven, plus dilungsurin mixer dari orang indonesia yang udah pindah ke Inggris. Tentunyaaa gue nyoba bikin kue dong, dan bantat. Blah!
  4. Jalan-jalan ke Centrum, alias pusat kota yang cuma seuprit πŸ˜† Paling ga sekarang tau, di mana stasiun kereta Karlskrona, di mana Foreign Exchange buat bayar sewa apartemen, di mana H&M dan Bodyshop (ninja), di mana tempat karaokean dan teater *penting, walopun mikir 1000 kali lah buat pergi karena mehelnejong!*.
  5. Sudah tau minimarket terdekat (semuanya deket sih :lol:). Tapi gue masih bingung nentuin mana yang halal, mana yang nggak. Hiahaha.. Jadinya ya kalo mo beli daging, pilihannya ke minimarket punyanya orang Libanon. Afdol lah. Selain itu paling bingung milih barang karena semuanya berbahasa Swedia, dan pilihan penjelasan lainnya pake bahasa Norway, Finland dan Denmark. Yay, Scandinavian languages! Yay! Jadi gue suka lamaaaaaa di depan rak-rak buat ngakses gugel translet dulu.. *nangis*
  6. Mulai kenalan sama orang-orang Indonesia yang tinggal di Swedia, yang pertama tentu aja temen yang satu building yang bisa digangguin. Trus ada yang tinggal di deket rumah, menikah dengan orang lokal, dan punya anak yang lucuuuuu banget dan kucing raksasa (dibandingin sama kucing2 gue di rumah :lol:). Dan sabtu minggu lalu, sempat ke ultahnya temen yang lain, seru, walo gue ga berkutik karena semua orang pake bahasa Swedia *suram* gue cukup jadi fotografer aja (yang hasil foto2nya pun ndak memuaskan, karena pake kamera pinjaman)
  7. Mulai kenalan juga sama anak-anak Erasmus, yang tentunya isinya international students. Sempat jalan-jalan ke AspΓΆ island dan karaokean (gue sih joged2 dan liat2 doang) sama mereka. Temen-temen sekelas, malah belum kenal, kecuali yang satu kelompok belajar. Lagian kayaknya pada ngelompok gitu, yang orang swedia ma orang swedia, yang orang cina ma orang cina, yang orang asia-india gitu ya sama-sama mereka aja, yang orang-orang non swedia ya sama mereka2 aja. Gue yang minoritas (indonesia sendirian) yang mobilitasnya tinggi, nyusruk kesana kemari πŸ˜†
  8. Doing some STAR GAZING things, at one night, pas banget langitnya cerah. Jam 1 malem, gue dan temen gue bertualang ke bukit belakang sekolah (berasa nobita). Dan tentunya foto-foto-in Milky Way, bukan dari kamera gue pastinya, tapi dari kamera temen gue yang tipenya pengen-gue-beli-tadinya-tapi-karena-ga-cukup-budget-jadi-beli-yang-lain. Dan gue sedih ngeliat kamera gue πŸ˜₯
  9. Udah nyoba jogging di kota yang bebas polusi walopun dingin ini. Terakhir jogging bikin some brain freeze keknya saking dinginnya dan tentu saja kostum lari di Jakarta sama sekali ndak afdol di pake lari di Swedia. Plis deh ap!
  10. Mencoba untuk pertama kalinya ikutan Race 5KM! dengan track yang naik turun bikin gue berasa kayak ninja hatori. Dan tentu saja gue finishnya lamaaaaa dibanding bule-bule yang kakinya panjang itu dan larinya cepet. The best part is, gue kan kalo lari pake Nike+ running, pas gue setting mo lari 5 KM, ditargetkan selesai dalam 50 menit (tentunya based on lari gue selama ini). Dan ternyata gue bisa selesaikan 5.2KM dalam waktu 46 menit dong! Senaaang laaah yaaa.. I should done better in flat track dong :p Gue cukup bangga sebagai amatir. πŸ˜†
  11. Sudah mulai belajar bahasa Swediaaaa. Yaaay! Pas juga ada temen (ganteng) buat latihan privat di rumah.. *joged*
  12. Selain kuliah dan kalo-kalo diajak ke mana gitu seperti yang gue tulis di atas, gue cuma diem aja di kamar, nyanyi-nyanyi. πŸ˜†

Nah gitu, deh..

Jadi?

Ada rekues ga poin mana yang mo dijadiin blogpost yang lebih detail?

Hiahahaha.. *males banget*