A Day in Helsingborg

A Day in Helsingborg

Hari Selasa tanggal 13 Mei 2014 kemarin, gue sempet maen ke Helsingborg.

Sehari sebelumnya gue memang ada janji di Kedutaan Jerman di Stockholm, dan berhubung gak ada kuliah sampe hari Jumatnya, jadilah hari Jumat minggu sebelumnya gue tanya-tanya Bebe kalo-kalo gue bisa maen ke Helsingborg. Dari Stockholm gue ga langsung ke Helsingborg, tapi Senin malamnya itu gue nginep dulu di Lund. Baru deh besokannya pp Lund-Helsingborg-Lund. Kenapa ke Lund dulu? Karena: (1) udah punya kenalan buat nginep gratisan, (2) jarak dari Lund-Helsingborg cuma 45 menit dan yang paling penting (3) harga tiketnya malah jadi murah meriah 😆

Demi memaksimalkan acara jalan-jalan gue, gue berangkat dari Lund naik bis jam 7.25 pagi dan beli tiket balik untuk jam 19.30. Karena gue nyampe pagi-pagi banget di Helsingborg, dan tentunya belum bisa langsung ketemu dengan the gembil baby Jo, jadilah gue membolang jalan-jalan di kota Helsingborg sendirian. Rada sedihnya pas hari itu cuacanya mendung dan kadang dikit-dikit hujan 😥 Kalo cerah ceria sebenernya bisa naik ferry dan dalam 15 menit, udah bisa nyampe luar negeri, alias Helsingør, Denmark. Kotanya itu sendiri keliatan jelas dari pinggiran Helsingborg, walopun cuaca rada jelek. Well, maybe next time yaaa 😦

DSCN5108

Sehari sebelumnya gue udah nengok-nengok di internet, tempat wisatanya di Helsingborg ini apa aja. Gue pun tertarik buat pergi ke Kärnan dan Sofiero Palace, tapi ga ngecek-ngecek dong tempatnya di mana aja. Hihihi. Begitu nyampe stasiun kereta (sama terminal bis jadi satu), baru deh gue mengeluarkan senjata andalan: Google Maps! Baru deh tau kalo ke Kärnan cuma jalan 10 menitan aja dari stasiun, sementara kalo ke Sofiero dengan jalan kaki sekitar 58 menit (versi Om gugel). Berhubung ane orang Indonesia, kaliin deh tuh 58 sama 2, dan mikirnya males beli tiket bis kota, jadilah gue putuskan untuk jalan-jalan ke Kärnan aja.

DSCN5132

Katanya sih Kärnan ini tingginya 35 meter, dan kalo naek sampe atap bisa lihat kota Helsingborg secara keseluruhan. Berhubung cuaca waktu itu mendung ga jelas, angin kenceng banget, dan gue kan takut ketinggian ya, mana jalan-jalan sendirian pulak, gue pun sempet menangguhkan keinginan buat mendaki tangga itu benteng. Tapi mengingat kalo ga naik takutnya gue nyesal, jadi lah dengan penuh tekad, gue berani-beraniin lah masuk ke bentengnya. Jujur ya, pas naik tangga buat masuk ke bentengnya aja, kaki gue udah mulai gemetaran, soalnya udah tinggi bok. 😆

Begitu masuk benteng dan beli tiket, sama penjual tiketnya malah ditawarin tiket kombinasi yang bisa dipake buat masuk 4 tempat wisata di Helsingborg, yaitu Kärnan, Sofiero Palace, Dunkers Kulturhus, dan musium terbuka Fredriksdal. Masuk Kärnannya sendiri harus bayar 40 Kronor, dan kata penjaga tiket, masuk Sofiero bayar 100 Kronor, jadi kalo gue masih mo jalan-jalan mending beli tiket kombinasi ini. Berhubung gue orangnya murahan dan apa-apa (sayangnya) suka nurut, jadi beli lah tiket kombinasi.

Karena udah punya tiket kombinasi, begitu perjuangan mendaki tangga dan melawan ketakutan atas ketinggian akhirnya gue lewati *lebay*, gue pun akhirnya jadi juga pergi ke Sofiero Palace. Sebelumnya gue mampir dulu ke Dunkers Kulturhus yang bangunannya jadi satu dengan biro turis (Turistbyrå). Beli tiket bis dulu di sana daripada harus jalan kaki bolak balik 3 jam *lebay*. Belinya 2 single tickets. Halte bis-nya sekitar 5 menitan juga jalan dari biro turisnya. Perjalanan ke Sofiero sendiri sekitar 15 menit.

Nyampe Sofiero, gue berasa jadi Alice in Wonderland. Karena dimana-mana banyak bungaaaaaa! Dan bagus-baguuuuus!

Screen Shot 2014-05-17 at 10.49.11 AMGa terasa udah hampir 2 jam aja gue muter-muterin itu tempat sendirian, dan baby Jo dan emaknya udah siap aja buat menyambut diriku. Sekitar jam 1-an gue akhirnya ketemuan dengan Bebe dan bayinya 🙂 Makan siang bareng dan sempet jalan sebentar di sekitaran Gamla Stan (Old Town)-nya Helsingborg. Di sela-sela itu sempet disibukkan dengan masang plastic cover buat stroller-nya baby Jo, karena tiba-tiba kok hujan rintik-rintik. Setelah berhasil cover-nya terpasang, hujannya malah berhenti. 😆

Dari jam 3-an sampe jam 7, waktu gue habiskan di rumah-nya Bebe. Senengnya bisa gendong-gendong bayi. Hihi. Berhubung ponakan gue juga lahir di Pontianak di hari yang sama dengan lahirannya Baby Jo, jadi anggaplah kayak gendong ponakan sendiri ya. Mana baby Jo ini anteng sekali, sodara-sodari! Seneng kali dia bisa ketemuan ama tante imut ini *halah* 😆 Sempet ketemu papa Bubu juga yang ternyata emang iseng deh orangnya x)

Screen Shot 2014-05-17 at 10.37.40 AM

Jam 7, gue pun cabut dari tempatnya Bebe, langsung menuju stasiun kereta buat naik bis balik ke Lund. Bis-nya telat 15 menit aja gitu, gue hampir menggigil kedinginan itu nungguinnya. Meskipun begitu, kedinginan menunggu tergantikan dengan pemandangan ladang bunga Raps sepanjang jalan. Kuniiiiiiing! My favourite colour of all time! Silakan di liat di Link di bawah, video dari instagram gue ^^

http://instagram.com/p/n9yw1YmdFy/

Foto-foto lebih banyak waktu di Kärnan dan Sofiero ntar di postingan lain yaaa 😛 I had a great time in Helsingborg! Makasih Bebe buat fika dan nasi gorengnya, sampai ketemu lagi ya kitaaaa.. ^^

Buat yang pengen jalan-jalan ke Helsingborg, berikut perkiraan biaya yang butuh dikeluarkan dalam sehari (ga pake nginep loh ya).

  • Ongkos bis Lund-Helsingborg-Lund pakai Nettbuss (Bus4u) : 98 Kronor (untuk Junior 0-29 tahun)
  • Beli roti buat sarapan di Pressbyran stasiun: 30 Kronor (ga perlu beli minum karena udah bekal botol isi air putih)
  • Harga tiket masuk tempat-tempat wisata : 120 Kronor (combination)
  • Harga tiket bis sekali jalan : 22 Kronor
  • Makan siang di restoran Asia : 89 Kronor
  • Fika dan makan malam : gratisan 😛
  • Harga dalam Swedish Kronor (SEK), disesuaikan aja dengan kurs-nya pas kalian baca ini 🙂
Advertisements

3 thoughts on “A Day in Helsingborg

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s