Winter Blues

Winter Blues

Aaaakkkk!!

Udah pertengahan bulan Januari dan belum ada salju lagi aja gituuu! *turis kecewa*

Padahal dulu pas udah memutuskan untuk kuliah ke Swedia, semangatnya tak terkira karena bulan Desember bakal udah menikmati salju, bakal mengalami pertama kalinya White Christmas, bakal maen lempar-lemparan salju dan bikin manusia salju (maklum masa kecil kurang bahagia, di Indonesia gak ada musim salju sih ya). Eh, 1.5 bulan menunggu, gak kejadian juga yang diharapkan.

Kan ini di Swediaa, Swediaaaaaa, yang udah deket banget sama lingkar kutub, cyiiiiin! Tapi kok saljunya ga nongol-nongol! Uhuhuhuuu.. Gue sediiiih, kecewaaaaa! Padahal ya kalo dipikir-pikir, kalo ntar saljuan, gue bakal susah jalan kaki kemana-mana karena bakal tentunya kepeleset sana sini, tapi tetep aja, gue pengen saljuuuuuuuu!! 😥 😥

Well, sebenernya hari minggu kemarin, sempet sih tiba-tiba badai gitu, dan turun saljuuuu! Tapi yaaaa itu badai PHP banget, Pemberi Harapan Palsu!! Cuma 10 menit doang, udah trus berhenti aja gitu. Saljunya ya mana numpuk kalo segitu doang. Emang sih sampe hari ini, kalo lewat jalan yang biasanya ada genangan air, udah pada beku gitu, dan tanah di sepanjang jalan ke kampus juga rasanya udah lebih keras. Tapi yang ditunggu-tunggu tetep aja ga turun-turun. 😥 Hari senin kemarin, pas jalan ke kampus, ngeliat bagian pinggir laut di belakang apartemen udah mulai beku, hari ini udah hilang aja beku-bekunya, abisan cuacanya hangat lagi, eh plus lagi deng tapi ga hangat-hangat amat lah, kata laporan cuaca di iPhone sih udah ga pernah di atas 2 derajat celcius lagi.

Tapi saljunya manaaaa? 😥

Udah dikasih tau sih sama dedek bule, bisa aja kok ini musim dingin yang gak ada saljunya, bisa juga kebanyakan salju kayak taun lalu yang salju muncul dari bulan november-april. Kan kita tinggalnya di pinggir laut. Laut kan bikin cuaca lebih hangat. Masa’ pelajaran geografi gitu doang gak tau.. *pites*

Iisssh, tapi tega amat kena pas gue di sini, sampe hampir habis ini musim dingin *lebay* saljunya kok ndak ada. Kan gue pengen nimpuk dia pake bola salju segede gaban. *ternyata di balik semua ini…….* Kalo versinya dedek bule, justru karena ada gue di sini, saljunya ga muncul-muncul. Cuaca hangat yang di Indonesia gue bawa aja gitu, gue impor sampe sini. Aduuh…. Apa itu bahasa halus pengen bilang, “kamu menghangatkan hari-hariku”? *trus muntah*

Sepertinya gue menderita winter blues ini, gara-gara salju ga turun-turun. Tiap hari berasaa kelabuuuu, literally yah, beneran kelabu. Mendung mulu, matahari paling kalo muncul cuma 2 menit doang trus ngilang lagi. Gue rasanya jadi ga semangat buat ngapa-ngapain gitu. 😦 Jadi tadi baca-baca tentang Seasonal Affective Disorder dari wikipedia (males cari bahan lain), yang kalo dengan kondisi gue sekarang bisa aja dibilang winter blues.

“Symptoms of SAD may consist of difficulty waking up in the morning, nausea, tendency to oversleep and over eat, especially a craving for carbohydrates, which leads to weight gain. Other symptoms include a lack of energy, difficulty concentrating on or completing tasks, withdrawal from friends, family, and social activities, and decreased sex drive.[citation needed] All of this leads to depression, pessimistic feelings of hopelessness, and lack of pleasure which characterize a person suffering from this disorder.” [wikipedia]

Nah bagian yang gue garis bawahi itu, gue rasa gue alami sekarang. 😥 Pengennya tidur muluuuuu, males ngapa-ngapaiiiin (sampe ada tugas yang gue ga kerjain dan ngelewatin deadline-nya begitu aja, dan ga ada usaha buat mastiin ke dosennya gue harus ngapain, parah kan?), withdrawal from friends >> sempet kemaren males ngobrol sama temen-temen gue di Indonesia, adanya bikin gue bete sama mereka, apa-apa gue protes dan gue benci, padahal dengan alasan yang cupu banget sampe gue pengen nyabutin bulu ketek satu-satu saking kalo inget betapa culunnya diriku yang hampir 30 tahun ini. Dan karena winter blues ini juga, gue kok jadi sering dengerin lagu-lagunya One Direction, lucu-lucu ya, mereka juga unyu-unyu gitu ya. *mulai ga nyambung, inget umur, Tanteee!*

Untungnya gue ga kena bagian yang over eat, craving for carbohydrates, pokoknya yang bikin berat badan naik. Eh yakiiiiin??? Yakin sih, secara timbangan ga menunjukkan kalo berat gue naik. Tapi ya ga turun-turun jugak. Dan gatau juga sih itu timbangan punya si dedek bule sebenernya dapat dipercaya atau nggak 😆 Udah ga pernah ini ke gym, lari juga udah jarang, soalnya udah lari dari Jakarta sih, jadi sepertinya kebutuhan lari-dari-kenyataan gue udah terpenuhi. *ngok*

Anyway, trus gimana caranya mengatasi winter blues-ku ini, sodara-sodari?

Kalo dari wikipedia sih, katanya gini: “There are many different treatments for classic (winter-based) seasonal affective disorder, including light therapy, medication, ionized-air administration,cognitive-behavioral therapy and carefully timed supplementation of the hormone melatonin.”

Lah repot amat yaaak! Mari kita scroll lagi ke bawah……

“Winter depression is a common slump in the mood of some inhabitants of most of the Nordic countries. Iceland, however, seems to be an exception. A study of more than 2000 people there found the prevalence of seasonal affective disorder and seasonal changes in anxiety and depression to be unexpectedly low in both sexes. It has more recently been suggested that this may be attributed to the large amount of fish traditionally eaten by Icelandic people. Fish are high in vitamin D. Fish also contain docosahexaenoic acid (DHA), which help with a variety of neurological dysfunctions.”

Baiklah..

Maka dari itu gue simpulkan, kalo gue harus banyak makan ikan! #eaaaaaaaak

Eh padahal di sini ya, walopun gue tinggalnya di pinggir laut, gue ga pernah beli ikan segar. Beli ikan beku aja ga pernah. Keknya seinget gue, selama di sini makan ikan (alias sushi) cuma kalo pas makan di restoran yang tentu jarangnya mintak ampun. Dan kata temen gue di sini, ikan-ikan di Baltic Sea juga ga boleh di makan, karena berpotensi beracun yang asalnya dari senjata kimia yang dipake waktu Perang Dunia II. Jadi ikan-ikan di sini tuh banyaknya impor. Duh ribet ga sih. Enak banget ya di Indonesia, kalo mo makan ikan, tinggal ke warteg, bayar 8000 rupiah, kenyang deh, udah lengkap pake kangkung, sambel terasi dan kerupuk.. *elus-elus perut yang tiba-tiba bunyi kenceng banget, kelaperan*

Saatnya pergi makan siang kalo gitu.. *padahal baru jam 11 siang*

Craving for food..

Weight gain…

Halaaaaah!!! Winter bluuuuueeeess!!

What do you think?

