A month in Sweden – Roundup

A month in Sweden – Roundup

Halo halo semua..

Ndak terasa ya ternyata gue udah sebulan aja luntang-lantung di negeri orang ini. Sebenernya banyak kalik judul-judul blogpost yang udah gue draft… Iya… Judulnya doang πŸ˜† tapi nulisnya kok males.. Hari-hari gue sejak mulai kuliah, rasanya malah males gitu mo ngapa-ngapain, belajar aja males, akhirnya gue malah keteteran ngejar-ngejar ngumpulin tugas dan jelaaaaas tugas yang gue kumpulin asli asal-asalan.. JANGAN DICONTOH, saudara-saudari sekalian.

Well, untuk catch-up, dan mungkin sedikit gambaran buat blogpost di masa yang akan datang, sebulan ini gue ngapain aja sih?

  1. Adaptasi sama apartemen baru dong tentunya. Ndak susah, karena nyaman, dan view dari jendela kamar ngadep ke laut. Dan yang paling penting, flatmate gue, orang Swedia, cowok, lucu dan ganteng.. Eaaaakkk..
  2. Udah tau kampus gue di mana. *krik.. krik.. krik..*
  3. Tiap hari memasak sendiri, karena kalo makan di luar, mahalnya minta ampun. So far gue beli makan di luar itu cuma ke Subway (49 Kronor buat 6 inch sandwich) dan McD (ngabisin 30 Kronor buat burger dan cola). No problem at cooking at all, karena di apartemen tersedia dapur impian lengkap dengan oven, plus dilungsurin mixer dari orang indonesia yang udah pindah ke Inggris. Tentunyaaa gue nyoba bikin kue dong, dan bantat. Blah!
  4. Jalan-jalan ke Centrum, alias pusat kota yang cuma seuprit πŸ˜† Paling ga sekarang tau, di mana stasiun kereta Karlskrona, di mana Foreign Exchange buat bayar sewa apartemen, di mana H&M dan Bodyshop (ninja), di mana tempat karaokean dan teater *penting, walopun mikir 1000 kali lah buat pergi karena mehelnejong!*.
  5. Sudah tau minimarket terdekat (semuanya deket sih :lol:). Tapi gue masih bingung nentuin mana yang halal, mana yang nggak. Hiahaha.. Jadinya ya kalo mo beli daging, pilihannya ke minimarket punyanya orang Libanon. Afdol lah. Selain itu paling bingung milih barang karena semuanya berbahasa Swedia, dan pilihan penjelasan lainnya pake bahasa Norway, Finland dan Denmark. Yay, Scandinavian languages! Yay! Jadi gue suka lamaaaaaa di depan rak-rak buat ngakses gugel translet dulu.. *nangis*
  6. Mulai kenalan sama orang-orang Indonesia yang tinggal di Swedia, yang pertama tentu aja temen yang satu building yang bisa digangguin. Trus ada yang tinggal di deket rumah, menikah dengan orang lokal, dan punya anak yang lucuuuuu banget dan kucing raksasa (dibandingin sama kucing2 gue di rumah :lol:). Dan sabtu minggu lalu, sempat ke ultahnya temen yang lain, seru, walo gue ga berkutik karena semua orang pake bahasa Swedia *suram* gue cukup jadi fotografer aja (yang hasil foto2nya pun ndak memuaskan, karena pake kamera pinjaman)
  7. Mulai kenalan juga sama anak-anak Erasmus, yang tentunya isinya international students. Sempat jalan-jalan ke AspΓΆ island dan karaokean (gue sih joged2 dan liat2 doang) sama mereka. Temen-temen sekelas, malah belum kenal, kecuali yang satu kelompok belajar. Lagian kayaknya pada ngelompok gitu, yang orang swedia ma orang swedia, yang orang cina ma orang cina, yang orang asia-india gitu ya sama-sama mereka aja, yang orang-orang non swedia ya sama mereka2 aja. Gue yang minoritas (indonesia sendirian) yang mobilitasnya tinggi, nyusruk kesana kemari πŸ˜†
  8. Doing some STAR GAZING things, at one night, pas banget langitnya cerah. Jam 1 malem, gue dan temen gue bertualang ke bukit belakang sekolah (berasa nobita). Dan tentunya foto-foto-in Milky Way, bukan dari kamera gue pastinya, tapi dari kamera temen gue yang tipenya pengen-gue-beli-tadinya-tapi-karena-ga-cukup-budget-jadi-beli-yang-lain. Dan gue sedih ngeliat kamera gue πŸ˜₯
  9. Udah nyoba jogging di kota yang bebas polusi walopun dingin ini. Terakhir jogging bikin some brain freeze keknya saking dinginnya dan tentu saja kostum lari di Jakarta sama sekali ndak afdol di pake lari di Swedia. Plis deh ap!
  10. Mencoba untuk pertama kalinya ikutan Race 5KM! dengan track yang naik turun bikin gue berasa kayak ninja hatori. Dan tentu saja gue finishnya lamaaaaa dibanding bule-bule yang kakinya panjang itu dan larinya cepet. The best part is, gue kan kalo lari pake Nike+ running, pas gue setting mo lari 5 KM, ditargetkan selesai dalam 50 menit (tentunya based on lari gue selama ini). Dan ternyata gue bisa selesaikan 5.2KM dalam waktu 46 menit dong! Senaaang laaah yaaa.. I should done better in flat track dong :p Gue cukup bangga sebagai amatir. πŸ˜†
  11. Sudah mulai belajar bahasa Swediaaaa. Yaaay! Pas juga ada temen (ganteng) buat latihan privat di rumah.. *joged*
  12. Selain kuliah dan kalo-kalo diajak ke mana gitu seperti yang gue tulis di atas, gue cuma diem aja di kamar, nyanyi-nyanyi. πŸ˜†

Nah gitu, deh..

Jadi?

Ada rekues ga poin mana yang mo dijadiin blogpost yang lebih detail?

Hiahahaha.. *males banget*

Advertisements

24 thoughts on “A month in Sweden – Roundup

  1. Jadi, apakah rasa McD di Swedia sama dengan rasa McD di Jakartah dan Jogjah? πŸ™„

    Posting tentang bahasa Swedish dong Aph. Pengen tau frase-frase percakapan sehari-hari di sana apa aja πŸ˜‰

  2. penasaran sama foto2 stargazing-nya sama pengalaman belanja di supermarket sana hehe πŸ˜€ sama belajar bahasa sama guru privat tetangga bule dong… *tetep ngarep di foto bulenya* ;P

    1. aah.. abis foto-fotonya courtesy temen sih.. karena pake kameranya dia.. coba gue tanya dulu deh, boleh apa gak kalo gue posting di blog sini..

      Iya, ini sedang berusaha cari cara buat minta fotonya mas bule, kok pid.. πŸ˜†

      Pengalaman belanja yaaa.. Sip, ntar dibuat lebih detail πŸ˜€ Thanks, ipied πŸ™‚

    1. Hiahahahaha… Maunya juga gitu, diceritain secara detail.. Tapi ya gitu deh, sibuk kuliah *padahal aslinya males* πŸ˜† Siiiip… Masuk list pokoknya πŸ˜‰

  3. Waaah udah belajar bahasa Swedia aja dia..hahaha..

    Supermarket deket tempatmu banyaknya apa mereknya Trie? Kalau yang besar2, biasanya ada kok label halal di plastiknya. Biasanya daging salami gitu deh, mereknya Aladdin (biasanya). Trus daging2 ayam beku juga banyak yg halal kok.

    1. Iyaaaa, belajar bahasa gratisan dari kampus.. Tapi ya cuma seminggu sekali, 1 jam… Ga pinter-pinter keknya.. Hahaha.. Jadinya belajar privat aja sama John.. πŸ˜›

      Yang dekat tempatku ini Willy’s, Frukthuset dan Lidl (paling jauh 10-15 menit lah jalan kaki). Ada juga ICA, jalan kaki 20-25 menit lah ke centrum. Tapi paling sering sih ke Willy’s, karena tinggal guling2 nyampe. Kalo mau beli daging/bakso halal gitu aja baru ke Frukthuset πŸ˜€

      1. Nah di Willy’s ada kok daging halal. Aku sering dapet ayam fillet/yang paha pakai kulit gitu tapi halal di Willys. Ada labelnya di belakang πŸ˜€

        Kalau ICA sama Lidl aku ga yakin.. makanya kalau belanja disana biasanya cuma buat susu atau buah/sayuran gitu deh.

        1. *barusan ke dapur, ngecek bungkus ayam*

          Iya ding, ada tulisan halal-nya.. Ahahaha.. Malah ga nyadar, main ambil2 aja yang penting ayam πŸ˜† Kemarin juga nemu kornet yang ada tulisan halal-nya.. Aman lah yaaa πŸ˜€

        2. Yuppi.. kornet sih setauku pasti halal.. ato sampai sekarang sih hampir ga pernah nemu yang ga ada labelnya.. Hihihi.. Makanan beku gitu ada juga kok yang halal, yang bentuknya kayak kotak makanan cina.. (maklum dulu sempet magang di supermarket, jadinya apal yang mana yang halal) muahahahahaa..

        3. Iyaaa.. aku penasaran pengen nyoba makan2an beku gitu.. tinggal masukin microwave/oven aja kan yaa… tapi nanti deh kalo udah mulei malas masak.. masih suka masak gini, menikmati dapur.. πŸ˜†

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s