Bermotor di Jakarta

Bermotor di Jakarta

Enaknya:

  1. Mobilitas tinggi karena punya kendaraan sendiri, jadi gampang mo kemana-mana.
  2. Kalo pas macet bisa nyempil-nyempil, jadi paling gak bisa cepet nyampe tujuan.
  3. Hemat BBM.

Ga Enaknya:

  1. Menyambung ke pasal Enaknya nomor 1, gampang mo kemana-mana dengan pengecualian di tempat yang mo disampirin ada parkiran motor. Untuk anak mall seperti gue, sejak pake motor jadinya cuma sering maen ke Plaza Semanggi, Plaza Senayan, Senayan City dan Pacific Place (parkirnya di BEJ). Kalo mo ke mall laen (yang niat untuk dimampirin), mending tetep naek taksi deh. Karena sebagian besar ga nyediain parkiran motor, atau kalaupun ada (yang di dalem mall loh ya), parkirnya memprihatinkan. Kesian ma motornya.
  2. Mesti tahan napsu buat marah-marah, karena walaupun bisa melawan macet, belum tentu bisa melawan sesama pengendara motor lainnya. Dulu waktu bawa motor ke Jogja, dari pontianak di wanti-wanti harus hati-hati karena pengendara motor di Jogja rada parah bawa motornya. Sekarang setelah merasakan bermotor di Jakarta, bermotor di Jogja tu ndak ada apa-apanya. *palmface* Kalo di pontianak atau jogja sih, masih berani marah-marahin orang di jalan. Di jakarta gini, mending disimpen dalam hati dah daripada diapa2in di jalan. Yang paling sebel sih, kalo pas udah macet, masih aja di klakson-klaksonin (mau dari motor mau dari mobil). Lah kalo gue bisa ber-Apparate berkat klakson sih Alhamdulillah, ini kan kagak.. brrrffftt..
  3. Mesti bisa nahan napas. Jadi nahan napas itu bukan cuma iseng-iseng di kolam renang aja loh ya. Di jalan juga perlu, apalagi kalo berhadapan langsung sama (sorry) pantat bus. Beuh.. Angkot-angkot dan bis-bis di jakarta itu keknya ga pernah di maintenance kok, termasuk TransJakarta, jadi kalau pas rezekinya di belakang angkot/bis/dkk ya harus bisa nahan napas bentar lah, trus abis nyalip baru bisa menghirup udara yang rada segaran.
  4. Bertemu/berpapasan/berhadapan/di-belakang orang yang suka (sorry) meludah dan buang sampah sembarangan. IH JOROK AMAT SIH MEREKAAAA! apalagi kalo meludahnya pas lagi naek motor/mobil/bus.. Kan bisa kena orang-rang yang lagi di belakangnya atau disampingnya atau di bawahnya (jendela bus).. Ga mikirin orang laen beneran dah!
  5. Bertemu dengan orang yang belok sembarangan. Mau belok kiri, ngambil kanan, jadinya terus bikin macet (atau sebaliknya). Mau belok keluar dari gang, ga liat-liat trus pake ngebut, ntar kalo ditabrak protes.
  6. Disenggol-senggol pas lagi berhenti karena macet. Ini rada sering sih. Udah tau macet, mbok ya pelan-pelan aja nge-gas motor/mobilnya. Trus kalo dilirik, cuma senyum-senyum ndak jelas, ndak minta maap apa lah. Kalo situ ganteng sih dimaapkan deh, kalo ga, bikin tambah eneg.
  7. Anak-anak kecil yang seliweran di jalan. Okay, I know this is your neighbourhood. Tapi paling nggak Nyak Babeh, bisa dong ngajarin anaknya buat minggir kalo ada motor/mobil yang lewat, tanpa perlu di klakson. Kalo di klaksonin terus ya gitu tuh, dari kecil telinganya udah rusak, jadi pas udah gede, apa kata orang ga di dengerin, mau dikasih tau korupsi itu ga boleh juga ga peduli. (kenapa nyambungnya kesini cobak). Okay deh lu anak-anak ga mo minggir walaupun udah diklakson, tapi paling ga, ga usah maen petasan di jalan gitu. Kan bikin kaget!

Kalau mau dirunut lagi, harusnya masih banyak deh, tapi yang tadi itu aja yang keinget. Pokoknya banyak ga enaknya sih dibanding enaknya.

Walaupun sebenernya sama aja, mau pakai motor, mau pakai mobil, mau pakai angkot, semua bakal lebih banyak ga enaknya sih kalo tinggalnya tetep di Jakarta πŸ˜† Masalahnya sih sebenernya lebih ke attitude pengendara ya menurut gue. Yang suka semau-gue-yang-penting-cepat-sampe-yang-akhirnya-bikin-macet-seantero-dunia. Karena fasilitas di jakarta tuh menurut gue udah oke. Sebanyak-banyaknya kendaraan motor yang ada, kalo pengendaranya bener-bener aja sih, rasanya ga bakal macet sampe stuck deh. Yang paling nyebelin emang motor sih, suka nyalip2 mau duluan yang akhirnya bikin bottleneck itu. Jadi tambah 1 lagi ga enaknya, : dimisuhin pengendara mobil dengan kata-kata “dasar motor!” πŸ˜† general gitu soalnya, jadi semua pengendara motor kena misuh πŸ˜†

Jadi tetap mau bawa motor? Ya iyalah. Gada pilihan laen gini. Ndak bisa nyetir mobil dan ndak sanggup beli mobil πŸ˜† setelah 2 tahun lebih naek angkot/busway, tetep lebih nyaman setahunan ini naek motor. Satu faktor yang paling bikin tetep milih motor ya pasal Enaknya nomor 2. Selain itu sih, pilihannya bukan ga-pake-motor, tapi pindah dari Jakarta.. Hahahahaha πŸ˜†

Advertisements

2 thoughts on “Bermotor di Jakarta

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s